Bek andalan Liverpool, Virgil van Dijk diprediksi bisa menjadi bek terbaik Premier League sepanjang masa. Prediksi tersebut diungkapkan oleh mantan pemain The Reds, Gary Gillespie.

Van Dijk digaet Liverpool dari Southampton di bursa transfer musim dingin 2018 lalu. Bek tim nasional Belanda itu pun langsung menjadi pilihan utama di sektor pertahanan tim asuhan Jurgen Klopp.

Setelah musim lalu ikut berjasa mengantarkan Liverpool melaju hingga ke babak final Liga Champions, musim ini Van Dijk menjadi salah satu alasan klub Merseyside tersebut kokoh di puncak klasemen Premier League.

Deretan Bek Terbaik
Gillespie menganggap Van Dijk pantas disandingkan dengan sejumlah bek terbaik dalam sejarah Premier League seperti Rio Ferdinand dan John Terry.

“Saya ditanya banyak orang dalam beberapa pekan terakhir: Di mana posisi Van Dijk, jika disejajarkan dengan sosok tenar macam John Terry, Rio Ferdinand, bahkan Jaap Stam yang merupakan para bek tengah terbaik dalam sejarah Premier League,” ujar Gillespie kepada The Mirror.

“Jujur, jika saya melihat dari sisi kemampuan dan teknik, saya akan menempatkan Virgil van Dijk di posisi teratas. Dia benar-benar memiliki segalanya,” sambungnya.

Butuh Trofi
Walaupun demikian, masih ada satu syarat yang harus dipenuhi Van Dijk agar bisa dia layak menyandang status sebagai bek legendaris dalam sejarah Premier League. Sang pemain harus bisa mengantarkan timnya jadi juara.

“Untuk menjadi legenda hidup Anda harus bisa memenangkan trofi serta medali secara terus-menerus, bukan hanya sekali saja. Virgil, mungkin dia lebih unggul secara teknik dari nama-nama sebelumnya, namun dia harus menunjukkannya dengan trofi” demikian tutup Gary Gillespie.