Barcelona masih belum pernah tundukkan di selama ajang musim ini. Luis Suarez juga sudah raih ketajamannya lagi setelah pernah seret dalam cetak angka pada awal musim.

Langkah mulus Barca terus berjalan usai menangkan pertandingan tandang berhadapan dengan Real Sociedad dengan skor akhir 4-2, akhir pekan kemarin. Suarez inspirasi hasil oke Blaugrana dengan catatkan 2 angka pada babak kedua.

Hasil tersebut ikut tandakan berakhirnya kebiasaan buruk Barcelona di Anoeta. Ini merupakan hasil oke pertama Barca di markas Sociedad pada kompetisi La Liga sedari yang terakhir pada bulan Mei 2007.

Sedangkan pundi-pundi angka yang diciptakan Suarez juga semakin bertaham. Pemain penyerang yang berasal dari Uruguay tersebut ciptakan 9 angka lewat 10 performa terakhirnya sampai koleksinya pada musim ini jadi 14 angka dan 3 kali assist.

Pelatih Barca Ernesto Valverde tak pernah merasa khawatir dengan penampilan dari Suarez. Kalau kerepotan dalam ciptakan angka, Suarez masih punya kualitas lain yang berkontribusi untuk Barca.

“Luis Suarez merupakan seorang pemain yang serba bisa yang dapat tampil dengan banyak cara yang beda, namun pada akhirnya saya menyaksikan dirinya sebagai seorang pemain nomor 9 klasik,” ucap Valverde.

“Ia memang tak ciptakan banyak angka pada awal musim ini, Namun ia terus ada di tempat untuk cetak angka. Cetak angkanya bakal terus tercipta. Ia hanya perlu sedikit keberuntungan saja. Kita tahu seperti apa banyak hal yang berlangsung untuk para pemain penyerang. Anda dapat ciptakan angka dari sedikit kesempatan atau punya banyak kesempatan namun tidak berhasil menciptakannya. Hal tersebut cuma bagian dari profesi di tempat tersebut.”

“Untuk Suarez, tak pernah cuma tentang ciptakan angka. Ada assist yang ia ciptakan. Ada lebih banyak kualitas dari ia dibanding sekadar ciptakan banyak angka.”