Valverde Menatap Laga di San Mames

Ernesto Valverde miliki rintangan tersendiri ketika membawa Barcelona bertandang ke Athletic Bilbao pada akhir pekan ini. Ia masih belum pernah menangkan laga ketika tampil di Bilbao.

Barcelona bakal melangsungkan laga pada hari Minggu (29/10/2017) dinihari WIB di Bilbao, lewat misinya menjaga jarak di urutan teratas klasemen Liga Spanyol. Blaugrana masih belum pernah kalah dan sekarang ini catatkan nilai 25, unggul 4 poin dari Valencia di urutan 2.

Namun ada sebuah beban tersendiri untuk Valverde menatap pertandingan ini. Sepanjang masa depannya di sepakbola, sebagai pemain dan pelatih, ia masih belum pernah menangkan laga sebagai lawan ketika melangsungkan laga di San Mames, baik di stadion lama maupun yang anyar.

Tercatat lewat 8 kunjungan ke kandang Bilbao, Valverde menerima 7 hasil negatif dan cuma 1 kali tidak kalah. Ketika masih menjadi pemain Espanyol, pria yang sekarang ini berumur 53 tahun tersebut tunduk dengan skor 1-2 di partai liga musim 1986/1987 dan tunduk dengan skor 0-2 di musim selanjutnya. Hasil negatif tersebut terus berjalan ketika ia hijrah ke Barcelona, di mana mereka tunduk dengan skor 2-3 di musim 1988/1989.

Tren buruknya masih berlangsung ketika Valverde mulai menjadi pelatih. Saat memimpin Espanyol, ia sudah 3 kali bertandang ke Bilbao. Pertandingan tandang pertamanya ke sana berakhir dengan hasil negatif 1-2 pada Liga Spanyol musim 2006/2007.

Valverde pernah membenahi catatan ketika berhadapan dengan Bilbao dengan skor seri 1-1 pada pertemuan pertama babak 16 besar Copa del Rey musim 2007/2008. Namun pada akhirnya mereka masih terima hasil negatif sebab tergusur setelah tunduk dengan skor 4-5 dalam adu penalti di pertemuan kedua yang berlangsung di markas.

Espanyol-nya Valverde kembali terima hasil negatif ketika melangsungkan laga ke Bilbao pada kompetisi liga musim itu, dengan skor akhir 0-1. Sampai pindah ke Villarreal dan Valencia, hasil negatif masih menyelimuti Valverde.

Ia tunduk dengan skor 2-3 bersama Villarreal di San Mames pada musim 2009/2010, kemudian tunduk dengan skor 0-1 bareng Valencia di musim 2012/2013. Sekarang ini rintangan untuknya: dapatkah hentikan catatan buruk tersebut bersama Barcelona?