Umtiti Dipercaya Terus Setia pada Barca

Transfer Virgil van Dijk menuju Liverpool bikin klausul rilis Samuel Umtiti di Barcelona nampak murah. Namun, Umtiti dipercaya tidak akan tergoda untuk hijrah.

Van Dijk jadi pemain bek paling mahal di dunia usai pindah dari Southampton ke Liverpool pada bursa transfer bulan Januari ini dengan biaya transfer sampai dengan 75 juta pound sterling (sekitar 1,4 triliun rupiah).

Sedangkan Van Dijk masih minim dalam pengalaman di tingkat paling tinggi. Ia sebelumnya tidak pernah membela klub papan atas Eropa dan masih belum banyak bermain pada ajang Liga Champions.

Sedangkan Umtiti sekarang ini adalah pemain bek tengah andalan Barca. Pemain yang berumur 24 tahun tersebut menjadi pilihan utama di garis belakang bersama Gerard Pique. Ia secara rutin tampil di ajang Liga Champions dan juga bermain pada babak final Piala Eropa bersama tim nasional Prancis.

Dengan kualitas dan pengalaman yang Umtiti miliki, klausul rilisnya terhitung sedikit, hanya 60 juta euro (sekitar 971 miliar rupiah). Keadaan ini bikin Umtiti miliki risiko dibajak klub lain.

Manchester City beritanya mulai dekat dengan Umtiti dan sudah kirimkan perwakilannya ke kubu si pemain. Kalau dapat membuat Umtiti yakin untuk angkat kaki dari Camp Nou, City hanya perlu membayar klausul rilisnya dan Barca tidak dapat lakukan apapun.

Namun, pelatih Barca Ernesto Valverde percaya kalau pemainnya tersebut bakal terus bertahan.

“Saya merasa tidak khawatir apa yang mungkin atau tidak mungkin diperbuat oleh para klub. Umtiti merupakan seorang pemain yang luar biasa dan kami mengharapkannya bertahan selama bertahun-tahun ke depan dan ia nikmati permainannya bersama dengan kami,” ucap Valverde.

“Sampai batas tertentu, klausul buyout dibikin besar supaya Anda tidak dapat membeli si pemain. Namun, seiring waktu yang berjalan, angkanya sama sekali tidak nampak tinggi,” sambung dia.

“Namun, si pemain harue tetap ingin keluar. Kami merasa amat senang dengan Umtiti dan saya percaya kalau ia bakal terus berada di tempat ini dalam waktu yang lama,” imbuh Valverde.