Tundukkan Cologne, Dortmund Pimpin Klasemen

Borussia Dortmund menangkan laga dengan skor telak 5-0 ketika menjadi tuan rumah berhadapan dengan Cologne. Hasil oke tersebut mengantarkan mereka berada di urutan teratas klasemen Liga Jerman.

Lewat laga yang berlangsung pada hari Minggu (17/9/2017) malam WIB di Signal Iduna Park, Dortmund secara langsung raih unggul ketika pertandingan masuk di menit ke 2. Umpan silang Andriy Yarmolenko dari sisi kanan disambar dengan tandukan Maximilian Philipp.

Walau sangat unggul dan terus ;ancarkan tekanan selama berlangsungnya babak pertama, namun tuan rumah perlu menanti untuk raih cetak angka kedua. Barulah pada waktu injury time mereka dapat kembali ciptakan angka lewat Sokratis Papastathopoulos.

Angka tercetak lewat sepak pojok, di mana penjaga gawang Timo Horn tidak berhasil tangkap bola di udara. Sokratis kemudian mencocor bola liar ke dalam gawang. Wasit sebelumnya menilai kalau terjadi sebuah pelanggaran pada penjaga gawang di sana, namun selanjutnya mengesahkan cetak angka usai pakai Video Assistant Review (VAR).

Cetak angka ketiga Dortmund pun ikut libatkan VAR. Pada menit 58, tandukan Philipp terkena tangan Lukas Kluenter dan wasit harus melihat reka ulang lewat tayangan video. Penalti diberikan pada Dortmund dan dituntaskan dengan baik oleh Pierre-Emerick Aubameyang.

Tidak lama usai terjadi penalty itu, Dortmund lekas ciptakan angka keempat. Lukasz Piszczek terima umpan terobosan di sisi kanan dan lanjutkan ke tengah. Aubameyang berhasil lolos dari pengawalan dan mencocornya lewati Horn, si kulit bundar masuk ke dalam gawang.

Dortmund tegaskan hasil oke menjadi 5-0 pada menit 69. Mahmoud Dahoud berikan umpan terobosan ke Philipp di sisi kiri dan dituntaskan dengan sepakan cungkil lewati Horn.

Hal tersebut jadi cetak angka terakhir dalam pertandingan di mana Dortmund bermain amat unggul. 3 poin ini mengantarkan skuat yang di besut oleh Peter Bosz itu berada di urutan teratas klasemen dengan nilai 10 lewat 4 pertandingan, unggul dalam selisih cetak angka dari Hannover di urutan 2. Sedangkan Cologne belum pergi dari urutan jutuu kunci sebab masih belum raih poin.

Susunan pemain:

Dortmund: Buerki; Zagadou, Toprak, Sokratis, Piszczek; Dahoud, Sahin (Weigl 67′), Castro; Philipp, Aubameyang (Isak 85′), Yarmolenko (Pulisic 66′)

Cologne: Horn; J.Horn, Heintz, Jorge Mere, Klunter; Bittencourt (Zoller 56′), Hoger (Jojic 64′), Lehmann, Risse; Osako (Sorensen 64′), Cordoba