Manajer Real Madrid, Santiago Solari mulai dikenal sebagai sosok yang gemar memainkan pemain muda pada pertandingan-pertandingan penting. Dia mengaku gemar menurunkan pemain muda karena kesegaran dan kecepatan mereka di lapangan.

Solari saat ini terus berusaha membuktikan diri sebagai sosok yang tepat untuk menangani Real Madrid. Dia ditunjuk untuk menggantikan Julen Lopetegui, namun Solari belum benar-benar terbukti sebagai pelatih yang tepat.

Performa Real Madrid masih naik turun. Bahkan Real Madrid harus berjuang keras untuk memenangkan pertandingan yang seharusnya mudah. Juga, Solari tampaknya memiliki masalah dengan gelandang andalan Real Madrid, Isco.

Keputusan Solari menurunkan pemain-pemain muda itu pun sempat menuai kritikan karena sebenarnya masih ada pemain-pemain senior yang lebih layak tampil.

Peran Pemain Muda
Adapun di pertandingan terakhir Real Madrid kontra Real Betis (2-1), Solari menurunkan pemain-pemain muda macam Sergio Reguilon, Federico Valverde, Brahim Diaz, Vinicius Jr., Cristo Gonzalez. Keputusan itu memang masuk akal, namun tetap saja Solari tidak memainkan Isco.

“Pemain-pemain muda terkadang punya kecepatan, vitalitas, dan kesegaran, dan itu didukung oleh kedewasaan serta pengalaman yang mewakili para pemain yang lebih senior. Mereka selalu membantu seiring dukungan pemain lain yang mereka terima,” ungkap Santiago Solari dalam situs resmi Real Madrid.

“Tentu saja mereka berada di sini karena saya lihat mereka mampu. Suatu hari kami memiliki begitu banyak pemain U-20 yang pada akhirnya mendapatkan menit bermain, mereka akan selalu didukung oleh pemain lain yang berpengalaman.”

Gaya Bermain
Lebih lanjut, dengan menurunkan pemain-pemain jyda tersebut, Solari terkadang mengubah taktik Real Madrid untuk bertanding dengan tim yang memiliki karakter tertentu, seperti saat dia menurunkan formasi 3-4-2-1 kala Real Madrid mengalahkan Real Betis.

Kamis (17 januari 2019) dini hari WIB mendatang, Real Madrid akan mengunjungi kandang Leganes untuk mempertandingkan putaran kedua 16 besar Copa del Rey. Setelah menang 3-0 di leg pertama, Solari diprediksi akan kembali menurunkan banyak pemain muda.