Roma Bisa Ungguli Chelsea dan Atletico Walau Bukan Favorit

AS Roma berhasil lewat dari ujian pada tahap awal ajang Liga Champions. Pernah menjadi tim yang tidak diunggulkan sebab masuk ke dalam grup berat, Giallorossi bahkan berhasil lolos ke babak 16 besar dengan finis di urutan pertama.

Di ajang Liga Champions pada musim ini, Roma masuk kedalam grup yang terbilang berat. Edin Dzeko dan para rekannya. masuk dalam grup bersama Chelsea, Atletico Madrid, dan Qarabag di Grup C.

Melihat peta kekuatan, Roma tak sefavorit Chelsea yang berstatus sebagai sang juara Premier League dan Atletico yang sudah 2 kali menjadi finalis di ajang Liga Champions lewat 4 musim terakhir. Namun lewat perjalanannya, tim yang di besut oleh Eusebio Di Francesco tersebut dapat memutar balik prediksi.

Hasil oke dengan skor 1-0 saat berhadapan dengan Qarabag dalam matchday 6 fase grup pada hari Rabu (6/12/2017) dini hari WIB di Stadion Olimpico, membuat Roma sudah pasti akan lolos ke babak 16 besar. Tidak hanya itu, mereka juga keluar sebagai juara grup.

Roma finis di urutan pertama Grup C dengan catatkan 11 poin. Mereka catatkan 3 hasil oke — salah satunya saat berhadapan dengan Chelsea dengan skor akhir 3-0 –, 2 hasil imbang, dan 1 kali tunduk.

Roma unggul lewat head to head atas Chelsea yang catatakan poin sama di urutan 2. Sedangkan, Atletico perlu tergusur dan terlempar ke ajang Liga Europa usai di urutan ketiga dengan catatkan 7 poin.

“Ini merupakan hasil oke yang luar biasa dan tidak mudah, khususnya karena saya masih belum miliki pengalaman di ajang Liga Champions,” kata Di Francesco usai laga melawan Qarabag.

“Ini adalah sebuah hasil yang memuaskan karena tak ada yang yakin kami dapat lolos. Mereka menganggap kami bakal tergusur, namun kami berusaha dengan keras, memperlihatkan diri, dan akhirnya menjadi juara di grup.”

“Semuanya diawali dengan laga awal 0-0 menghadapi Atletico Madrid, ketika kami baru saja mengawali dan raih irama kami. namun kami kerepotan dan tertahan untuk memperlihatkan dapat meraih poin yang menentukan.” Sambung Di Francesco.