Rencana Iniesta Pensiun Setelah Piala Dunia 2018 di Timnas Spanyol

Ajang Piala Dunia 2018 kemungkinan besar menjadi turnamen internasional terakhir untuk sosok Andres Iniesta. Iniesta indikasikan dirinya tidak akan bermain lagi bersama tim nasional Spanyol pada musim panas.

Iniesta bakal menginjak umur 34 tahun pada bulan Mei tahun depan. Selama berlangsung kariernya, pemain gelandang Barcelona tersebut sudah catatkan 127 caps dengan catatkan 13 angka dan 25 kali assist sedari debut bersama La Furia Roja pada tahun 2006.

Iniesta jadi salah seorang pemain vital lewat keberhasilan yang diraih Spanyol ungguli jagat sepakbola Eropa dan dunia sejak 1 dekade kemarin. Ia membawa negaranya raih 2 trofi Piala Eropa (2008 dan 2012) dan juga menjadi juara di Piala Dunia 2010.
Mengingat umurya yang tak muda lagi, realistis jika Rusia jadi panggung terakhir Iniesta dalam seragam Spanyol. Usai tergusur pada tahap grup Piala Dunia 3 tahun kemarin, sang pemain sepakbola dapat tandakan akhir masa depannya dengan manis di Rusia.

“Semua poin menuju ‘iya’, sebab turnamen krusial ini bisa dapat tandakan sebuah jalan yang telah saya lewati bersama dengan semua momen yang hebat,” imbuh Iniesta.

“Kita saksikan saja apa yang berlangsung, namun mengingat umur saya maka semuanya indikasikan kalau ini bakal jadi turnamen terakhir untuk saya.”

“Tak ada alasan kenapa kami harus tak percaya dapat menangkannya. Kami punya sebuah tim yang bagus yang dapat berselisih dengan baik. Di Brasil, kami di ingatkan apa arti Piala Dunia. Kami perlu berhati-hati, namun ikut juga tampil tanpa ada rasa takut.”

Spanyol terdaftar dalam Grup B bersama juara bertahan Eropa, Portugal, Maroko, dan Iran.