Paul Robinson, Kiper Istimewa di Premier League Segera Pensiun

Paul Robinson adalah seorang pemain yang pernah menjadi kiper Tottenham Hotspur yang mencatatkan prestasi istimewa. Salah satu kiper terbaik Liga Inggris ini pernah menciptakan gol dari jarak 87 meter. Akan tetapi, di musim ini, dirinya membawa kabar mengagetkan yakni segera gantung sepatu dari sepakbola.

Paul Robinson di tahun yang lalu bergabung dengan Burnley, mengungkapkan akan segera gantung sepatu, Senin (17/7/2017) kemarin. Ia menyudahi karir sebagai pemain di umurnya yang ke-37 tahun. Hal ini berhubungan dengan masalah cedera di punggungnya yang menjadikan Robinson terhambat tampil dalam beberapa musim lalu.

” Sangat disayangkan cedera di bagian punggung saya menjadi penghalang jelang musim ini usai dan saya sudah berupaya untuk menjadikannya menjadi lebih baik lagi untuk awal musim mendatang. Namun, dengan semua yang saya perhitungkan, saya akan segera meninggalkan klub dan memilih pensiun, ” tulisnya dalam situs klub.

Robinson mengawali karier di Leeds United di musim 1998 lalu, namanya kian populer sejak menjadi kiper Tottenham Hotspur di musim 2004 yang lalu. Ketika bergabung dengan Lilywhites, Robinson menjadi bagian dari timnas Inggris dan merupakan kiper utama di Piala Dunia 2006 silam.

Salah satu kiper terbaik Liga Inggris ini juga menciptakan sejarah ketika bermain dengan Spurs. Di msuim 2007 silam, Robinson menciptakan gol menawan menuju gawang Watford dalam jarak 87 meter.

Gol itu dia lakukan dalam sepakan bebas yang kemudian menuju kotak penalti Watford, sebelum kemudian melewati kepala Ben Foster dan sukses menuju gawang lawan. Gol tersebut sekaligus menjadikan Robinson sebagai kiper ketiga setelah Peter Schmeichel dan Brad Friedel yang menciptakan prestasi hebat itu.

Selepas dari Tottenham Hotspur, Paul Robinson merupakan pemain Blackburn di tahun 2008 sampai 2015. Lalu berlanjut ke Burnley. Selama menjadi kiper, Robinson sudah terlibat dalam 486 laga untuk seluruh kompetisi, dengan kebobolan 728 kali dan cleansheet 120 kali.