Sukses tundukkan Real Sociedad bikin Barcelona keluar sebagai sang juara di paruh musim La Liga. Walau unggul 9 poin dari posisi 2, ini bukanlah paruh musim yang paling oke untuk Blaugrana.

Tertinggal dengan selisih 2 angka lebih awal, Barcelona telah lakukan comeback yang dramatis untuk raih hasil oke dengan skor 4-2 pada hari Senin (15/1/2018) dinihari WIB. Hasil laga tersebut pertahankan catatan tidak pernah kalah Barca di La Liga musim ini dan juga bikin mereka makin kokoh berdiri di urutan teratas klasemen.

Usai lewati 19 laga, Barca telah catatkan 51 poin lewat hasil 16 menang dan seri 3 kali. Mereka unggul 9 poin dari Atletico Madrid yang ada di urutan 2.

Walau nampak amat percaya diri, ini bukanlah paruh musim yang paling oke untuk Barcelona. The Catalans sempat 2 kali miliki statistik yang lebih oke.

Ketika dilatih Josep Guardiola pada musim 2010/2011, Barcelona telah akhiri setengah kompetisi dengan catatkan 52 poin. Sedangkan rekor poin terbanyak usai 19 laga tercipta selang 2 tahun kemudian.

Bersama Tito Vilanova, Barcelona catatkan 55 poin di tengah musim 2012/2013. Hal tersebut berarti Lionel Messi dan para rekannya cuma kehilangan 2 poin.

Barcelona pada musim tersebut sukses keluar sebagai juara La Liga dengan catatkan poin berjumlah 100. Unggul 15 poin di depan Madrid yang menempati urutan 2.

Namun gelar La Liga menjadi satu-satunya leberhasilan Barca sebab mereka tunduk di Piala Super Spanyol dan cuma menjadi semifinalis di Copa del Rey dan Liga Champions.