Undian penentuan grup di Piala Dunia 2018 sudah berlangsung. Grup D dan Grup F dapat dikatakan cukup berat, sedangkan Grup H jadi yang sangat imbang. Di setiap grup, tentu ada negara yang menjadi favorit untuk lolos ke babak knock-out.

Tidak hanya itu, ada sejumlah negara juga yang tidak diunggulkan. Tetapi, beberapa negara ini mungkin saja bikin kejutan melihat penampilan mereka dalam beberapa pertandingan terakhir dan potensi yang dimiliki oleh tim. Ini adalah 8 negara yang berkesempatan menjadi kejutan di tiap grupnya masing-masing atau mungkin Tim Unggulan Piala Dunia

Timnas Mesir Piala Dunia 2018

Grup A – Mesir

Grup A isinya ada tim tuan rumah Rusia, Arab Saudi, Mesir, dan Uruguay. Uruguay yang kualitasnya di atas rata-rata kontestan lainnya difavoritkan untuk lolos ke babak 16 besar. Rusia, dengan statusnya sebagai tuan rumah diprediksi akan menemani Uruguay untuk mendapatkan satu tiket tersisa.

Tetapi Mesir, yang kembali ke Piala Dunia setelah terakhir bermain pada edisi 1990 menjadi ancaman serius di Grup A. Berisi materi-materi pemain yang cukup bagus seperti Achmad Hegazi, Mohamed Elneny dan tentu Mohamed Salah, Mesir bisa saja mengejutkan banyak prediksi dengan lolos ke babak knock-out untuk pertama kalinya bahkan dengan status sebagai juara Grup A.

Timnas Maroko Piala Dunia 2018

Grup B – Maroko

Diisi oleh 2 negara besar seperti Portugal dan Spanyol, peluang Maroko dan Iran sangat kecil untuk lolos ke babak 16 besar. Namun jika di antara keduanya dapat memberikan kejutan, Maroko lebih berpeluang untuk melakukannya. Bergabung dengan tim kuat Pantai Gading di Grup C kualifikasi zona Afrika, Maroko sukses melaju ke Piala Dunia.

Beberapa pemain potensial seperti Hakim Ziyech (Ajax Amsterdam) dan Sofiane Boufal (Southampton) ditambah dengan pelatih Herve Renard yang sukses menjuarai Piala Afrika bersama Zambia dan Pantai Gading akan jadi ancaman serius bagi Portugal dan Spanyol jika mereka terpeleset.

Timnas Peru Piala Dunia 2018

Grup C – Peru

Menuju Piala Dunia pertamanya sedari tahun 1982, Peru dapat kembali membuat kejutan di babak grup nanti. Tergabung dengan Prancis, Denmark dan Australia di Grup C, Peru berpeluang besar menggeser salah satu dari Prancis dan Denmark yang lebih difavoritkan untuk lolos dari grup ini.

Kolektivitas dan permainan fisik jadi keunggulan dari tim asuhan Ricardo Gareca ini.

Timnas Islandia Piala Dunia 2018

Grup D – Islandia

Adanya tim favorit Argentina, Kroasia, Islandia, dan Nigeria. Islandia yang merupakan negara pot ketiga di Piala Dunia 2018 ini berpeluang besar untuk kembali menjadi kejutan.

Dengan kesempatan yang sama dengan Kroasia dan Nigeria, Islandia memang cenderung tak difavoritkan untuk lolos ketimbang dua negara tersebut. Namun, semangat juang Gylfi Sigurdsson dan kawan-kawan seperti yang ditunjukkan pada Euro 2016 menjadi modal berharga untuk mereka mengulangi kesuksesan yang sama.

Timnas Kosta Rika Piala Dunia 2018

Grup E – Kosta Rika

Menjadi tim unggulan Brasil dan dua negara Eropa, yakni Swiss dan Serbia, Kosta Rika cenderung tak difavoritkan untuk lolos ke babak knock-out. Namun jangan lupakan usaha mereka pada Piala Dunia 2014 lalu.

Mereka perlu relakan diri bergabung bersama ‘Grup Neraka’ bersama Italia, Uruguay, dan Inggris. Hasilnya, mereka berhasil menjuarai grup tersebut dengan menang atas Uruguay dan Italia serta imbang dengan Inggris. Bukan tak mungkin hal tersebut terulang kembali. Meskipun sulit untuk menggeser Brasil dari favorit juara grup, tapi setidaknya mereka dapat mencari poin penuh dari Swiss dan Serbia.

Timnas Korea Selatan Piala Dunia 2018

Grup F – Korea Selatan

Ada sang juara bertahan Jerman, Meksiko, Swedia, dan Korea Selatan. Jerman sangat difavoritkan untuk melaju mulus ke babak selanjutnya. Satu tempat tersisa diprediksi akan jadi milik antara Meksiko dan Swedia yang punya skuat lebih bagus ketimbang Korea Selatan.

Tetapi tim ‘Negeri Gingseng’ ini punya peluang bagus untuk mematahkan prediksi tersebut. Dengan eksplosivitas Heung-Min Son serta Ki Sung Yueng yang ada di lini tengah, Korea Selatan bisa jadi masalah untuk Meksiko dan Swedia dalam merebutkan satu tempat tersisa untuk lolos.

Timnas Tunisia Piala Dunia 2018

Grup G – Tunisia

Belgia dan Inggris dapat grup yang terbilang cukup enteng di Grup G. Mereka akan berhadapan juga dengan Panama dan wakil Afrika, Tunisia. Dua negara Eropa tersebut pastinya lebih difavoritkan untuk lolos ke babak knock-out.

Disayangkan kita tak bisa melupakan momen-momen buruk Inggris di turnamen besar, terutama dalam beberapa gelaran Piala Dunia dan Euro terakhir. Tidak lolos grup di Piala Dunia 2014 dan tergusur oleh Islandia di babak 16 besar pada Euro 2016 kemudian dapat menjadi celah yang dapat dimanfaatkan Tunisia untuk menemani Belgia yang jadi unggulan pertama di Grup G.

Timnas Senegal Piala Dunia 2018

Grup H – Senegal

Grup H ini dapat dikatakan sebagai grup dengan kontestan yang paling merata kualitasnya. Di antara keempat negara, kualitas Kolombia dan Polandia bisa dibilang berada sedikit di atas Senegal dan Jepang.

Tetapi hadirnya Sadio Mane untuk timnas Senegal bisa jadi warna tersendiri dan merepotkan tim-tim lain. Selain dirinya, nama-nama seperti Kalidou Koulibaly, Keita Balde, dan Idrissa Gueye jadi potensi besar wakil Afrika tersebut untuk memberikan kejutan di Piala Dunia 2018.