Legenda Liverpool, John Aldridge meminta Mohamed Salah lebih waspada ketika bermain di lapangan mulai saat ini. Saat ini Salah tengah dicap sebagai pemain yang gemar melakukan diving untuk mendapatkan hadiah penalti.

Cap tukang diving kepada Salah ini dimulai dari beberapa pertandingan terakhir, saat Liverpool berduel dengan Arsenal dan Crystal Palace. Dalam dua pertandingan tersebut, Salah mendapatkan hadiah penalti karena dijatuhkan bek lawan di kotak penalti. Namun, jatuhnya Salah dinilai berlebihan, pasalnya kontak tersebut tidak terlalu parah.

Imbasnya, Salah mulai menerima kritik karena disebut terlalu mudah jatuh, seperti yang sebelumnya sempat dialami oleh Neymar atau Luis Suarez. Situasi ini yang kemudian membuat Aldridge cemas performa Salah bisa menurun. Aldridge sendiri yakin gaya bermain Salah memang ada indikasi pelanggaran.

Berhati-Hati
Aldridge berpendapat bahwa saat ini Salah punya persoalan baru, yakni membuktikan bahwa dirinya adalah pemain jujur yang tidak pernah sengaja menjatuhkan diri. Kondisi ini membuat semua orang lebih memperhatikan permainan Salah, dan karena itulah Salah harus lebih waspada.

“Sekarang Mo Salah harus lebih hati-hati. Semua mata tertuju padanya. Hal ini sudah pernah terjadi sebelumnya dengan banyak pemain, seperti Luis Suarez – yang sengaja menjatuhkan diri untuk mendapatkan penalti,” buka Aldridge di fourfourtwo.

“Moh Salah disentuh. Apakah itu membuahkan hadiah penalti? Beberapa wasit akan memberikannya. Memang ada kontak, ya, tapi Salah jatuh terlalu mudah. Sejak saat itu sekitarnya ada aura negatif.”

Cara Bermain
Lebih lanjut, Aldridge juga mengakui hal itu memang tak bisa dihindari. Teknik bermain Salah memang cepat dan sering menggiring bola melewati beberapa pemain lawan, gaya bermain seperti ini tidak mau membuat lawan harus melanggarnya.

“Jika Mo Salah benar-benar dilanggar, saya yakin wasit akan menghadiahkan penalti, tapi permainan Mo Salah memang mengundang kontak fisik dari pemain lawan. Sangat suli baginya untuk tidak terlibat kontak.”