Keberhasilan Didier Deschamps dalam membentuk skuat timnas Perancis memang pantas diacungi jempol. Terbukti dia mampu membawa Perancis keluar sebagai juara Piala Dunia 2018, masa itu pun masih bisa dilihat di skuat pemain yang sekarang.

Dimana Deschamps masih memakai jasa-jasa para pemain yang pernah berjuang di Piala Dunia 2018 kemarin, termasuk penyerang Chelsea, Olivier Giroud. Keputusan ini pun mengundang banyak pertanyaan sebagaimana sang penyerang tersebut hanya berada di bangku cadangan Chelsea saja.

Musim ini adalah musim yang berat bagi Giruoud, dimana dia nyaris selalu menjadi pemain cadangan tim asuhan Maurizio Sarri tersebut. Berdasarkan catatan yang ada, dia kini baru mencatatkan penampilan sebanyak 6 pertandingan. Hingga pekan ke-31 Premier League Inggris, Giroud tak kunjung membuat gol penting.

Terhitung Giroud menjadi pemain pengganti sebanyak 15 laga. Pada paruh pertama musim, dia jadi cadangan bagi Alvaro Morata. Di musim selanjutnya, penyerang 32 tahun tersebut jadi pelapis bagi Gonzalo Higuain.

Fakta pun menjawab bahwa Giroud memang benar menjadi pemain pelapis Chelsea baik di pentas domestik maupun Eropa. Akan tetapi, semua itu akan berbanding terbalik ketika melihat sosoknya di level internasional bersama Timnas Perancis.

Mendapat kepercayaan dari Deschamps untuk tampil sejak menit awal ketika Prancis berjumpa Moldova pada laga Kualifikasi Euro 2020 kemarin. Giroud berhasil mencetak satu gol pada menit ke-36 usai menerima umpan dari Blaise Matuidi, dan secara keseluruhan dia mampu membuat kontribusi kemenangan Perancis 1-4 atas Moldova.

Masih dalam momen yang spesial bagi Giroud, dimana dia berhasil mencatatkan satu gol tersebut sebagai catatan rekor barunya di level Internasional. Sejauh ini, nama Giroud masuk sebagai salah satu pencetak gol terbanyak timnas Perancis.

Berikut data lengkapnya berdasarkan sumber terpercaya:

  1. Thierry Henry (51 gol)
  2. Michel Platini (41 gol)
  3. David Trezeguet (34 gol)
  4. Olivier Giroud (34 gol)

Catatan gol Giroud menyamai catatan gol legenda Juventus, David Trezeguet. Jika masih ada kesempatan, bukan tidak mungkin Giroud akan mampu menyamai catatan gol dari dua legenda timnas Perancis lainnya, seperti Michel Platini dan Thierry Henry.

Jika berbicara di level timnas Perancis, nama Giroud bisa dibilang menjadi pemain andalan Deschamps. Tercatat sudah sejak lama sang pelatih begitu mengandalkan sang pemain, meski Deschamps selalu mendapatkan kritik. Berpenampilan di Piala Dunia 2018 kemarin, Deschamps pun mendapat banyak kritik lantaran Giroud tak mampu mencetak satu gol pun, meski menjadi pemain inti.

Banjir kritik pun terus mengalir hingga sekarang, namun Deschamps tetap tidak peduli dan menjadikan Giroud sebagai pemain andalan hingga sekarang ini. Menjawab semua pertanyaan tentang Giroud, Deschamps pun angkat bicara bahwa peran sang pemain bukan hanya sebagai pencetak gol, akan tetap peran lainnya adalah membantu rekannya mencetak gol.

“Menurut saya, semua kritik yang diarahkan kepada Giroud hingga sekarang ini sudah sangat berlebihan dan tidak adil. Dia adalah pemain penting bagi klub ini, dan perannya tidak bisa digantikan oleh pemain lain untuk sekarang ini.” tutup Deschamps.

Berpredikat sebagai juara Piala Dunia 2018, Berita Sepakbola Terupdate mengabarkan bahwa Perancis masih memuncaki klasemen Grup H Kualifikasi Euro 2020. Di pertandingan selanjutnya, Perancis vs Islandia akan hadir pada hari Selasa, 26 Maret 2019.