Kelanjutan karier James Rodriguez di Bayern Munchen masih menjadi spekulasi. Pelatih Niko Kovac mengungkapkan bahwa masa depan James ditentukan oleh bagus atau tidak penampilannya di atas lapangan.

James memasuki setengah terakhir masa peminjamannya di Bayern Munchen dari Real Madrid. Kabarnya, The Bavarians tidak berniat mempermanenkan bintang sepakbola Kolombia itu pasalnya banderolnya cukup mahal: 42 juta euro.

Apalagi di musim ini, James belum bisa mengamankan tempat di skuad inti Bayern Munchen yang dilatih Kovac. Pesepakbola berusia 27 tahun itu sempat mengalami cedera panjang sehingga baru lima kali menjadi starter dalam 11 penampilannya.

Bayern Munchen menepis rumor yang menyebut bahwa mereka akan memotong durasi peminjaman James. Situasi yang disebut-sebut akan dimanfaatkan Arsenal untuk memboyong si pemain di bursa transfer bulan Januari. Namun, Kovac kini memastikan bahwa James bermain untuk masa depannya.

“Persaingan di dalam skuat sangat ketat. Namun, semua pemain bisa mendapatkan tempat. Semua pemain yang menandatangani kontrak di sini tahu mereka bisa saja tersingkir dari tim,” ujar Niko Kovac dilansir AS.

“James Rodriguez memulai musim dengan baik, kemudian mengalami beberapa masalah. Namun, di Frankfurt, dia kembali bermain oke. James bermain untuk masa depannya. Saya memprediksi dia bisa tampil lebih baik lagi.”

“Saya melihat dia termotivasi dan fokus. Dia ingin bermain lebih sering ketimbang sebelumnya. Sebagai pelatih, saya hanya bisa menilai apa yang saya saksikan di lapangan, yang adalah sesuatu yang biasa untuk dia, namun juga pemain lainnya. Tak ada lagi yang penting,” jelas Kovac.

Sejak dipinjam Bayern Munchen, James Rodriguez berhasil mencetak 11 gol dan 16 assist dalam 50 kali bertanding. Sebanyak tiga gol dan dua assist menjadi bukti di kontribusi James di musim ini.