Lolos ke Rusia Menjadi Kepercayaan Diri Santos

Fernando Santos sedari awal percaya kalau Portugal dapat lolos secara langsung ke Piala Dunia 2018. Rasa percaya diri Santos itu pada akhirnya terbayar juga.

Portugal raih sebuah tiket menuju Rusia setekah raih hasil oke di duel penentuan berhadapan dengan Swiss dengan skor akhir 2-0 pada hari Rabu (11/10/2017) dinihari WIB di Estadio da Luz, Lisbon. Hasil oke A Seleccao das Quinas ditentukan dengan cetak angka bunuh diri Johan Djourou pada babak pertama dan cetak angka Andre Silva pada paruh kedua.

Hasil ini bikin Portugal dan Swiss sama-sama catatkan 27 poin lewat 10 laga. Namun, Portugal layak jadi juara Grup B sebab unggul lewat jarak cetak angka. Swiss juga perlu merasa puas dengan predikat runner-up dan bakal langsungkan babak play-off.

Swiss sebelumnya terus ungguli grup. Pada pertemuan perdana melawan Portugal, Swiss menangkan laga dengan skor 2-0 di markas sendiri pada bulan September 2016.

Walaupun timnya perlu selalu mengejar Swiss sepanjang babak kualifikasi, Santos sedari awal percaya Portugal dapat lolos ke Piala Dunia tanpa perlu lewat babak play-off.

“Saya terus percaya kami dapat lakukan itu,” ujar Santos.

“Saya percaya pada para pemain dan untung saja mereka beri saya hadiah ini,” sambung dia.

“Saat Anda miliki kualitas dan organisasi, Anda terus lebih dekat dengan hasil oke. Sepanjang 90 menit kami belum 100%, namun untungnya kami menang dan bakal melangkah ke Rusia,” imbu pelatih yang membawa Portugal menjadi juara di Piala Eropa 2016 tersebut.