Kane Konsentrasi Cetak Angka Dibanding Kapten Inggris

Harry Kane memang miliki ambisi untuk menjadi kapten Tim nasional Inggris. Namun keinginan tersebut dianggap dapat menjadi pengaruh pada penampilannya bersama The Three Lions.

Tidak dapat ditolak kalau Kane merupakan salah satu pemain paling oke Inggris sekarang ini. Sebagai pemain penyerang, ketajaman Kane lewat 3 musim terakhir amat hebat dan tak heran kalau ia menjadi pilihan utama pemain depan di tim nasional.

Sebagai contoh, selama bulan September kemarin, ada jumlah sampai 13 angka yang diciptakan oleh Kane pada tingkat klub ataupun tim nasional. Untuk Inggris, Kane ciptakan 2 angka dan 1 kali assist ketika menangkan laga atas Malta dengan skor akhir 4-0.

Penampilan yang makin mantap tersebut bikin Kane pernah dipilih menjadi kapten ketika berhadapan dengan Skotlandia dan juga Prancis pada bulan Juni kemarin. Pada waktu tersebut memang Jordan Henderson dan Gary Cahill – yang sudah biasa deputi Wayne Rooney – sedang absen.

Sekarang ini dengan Rooney yang sudah pensiun, jadi tinggal Kane, Henderson, dan Cahill yang berselisih menjadi kapten Inggris berikutnya. Kane pernah bilang ingin jadi kapten Inggris selanjutnya dan ingin supaya penampilannya sekarang ini memikat sang pelatih Gareth Southgate.

Namun dibanding berambisi mengejar tempat kapten, Kane diminta fokus dengan penampilannya untuk ciptakan angka lebih banyak. Sebab posisi kapten nanti cuma bakal Kane terbebani yang malah bikin dirinya tak bermain optimal.

“Saya lebih merasa senang melihat dirinya ciptakan angka demi angka dan lakukan apa yang dapat ia lakukan sebagai pemain penyerang tengah,” ucap bekas manajer Inggris, Roy Hodgson.

“Jabatan kapten malah bakal membuat dirinya terbebani dan jadi pengaruh. Gareth yang bakal putuskan, ia perlu pikirkan hal tersebut pula,” lanjut dia.

“Saya merasa masih banyak para pemain yang lain yang miliki potensi sebagai kapten, namun yang sudah pasti ialah Kane telah menjadi “kapten” di tempatnya sekarang ini dan miliki tanggung jawab penuh.”

“Semua bergantung dengan Gareth apakah ia bakal berikan tanggung jawab lebih pada Kane sebab menjadi kapten Inggris tersebut merupakan sebuah beban yang besar dalam soal sorotan media massa dan juga hubungan pada publik.”