Tim raksasa Premier League, Liverpool akhirnya memastikan satu kursi ke babak 16 besar Liga Champions 2018/2019. Kepastian tersebut mereka peroleh setelah meraih kemenangan tipis 1-0 atas Napoli di matchday terakhir.

Pada pertandingan grup C Liga Champions di Anfield Stadium, Rabu (12 Desember 2018) dini hari WIB itu, Liverpool harus menang dengan skor 1-0 atau jika kebobolan, harus membuat selisih dua gol. Agresivitas permainan ditunjukkan oleh Liverpool sejak kickoff. Pada babak pertama The Reds benar-benar menguasai pertandingan. Serangan demi serangan terus dilancarkan oleh Mohamed Salah dan rekan-rekan.

Wajar saja jika gol semata wayang di pertandingan ini terjadi pada babak tersebut lewat Mohamed Salah. Sementara di babak kedua, Napoli mulai mendapatkan momentumnya. Tapi, barisan pertahanan serta Alisson Becker bertugas dengan sangat baik.

Hasil ini membuat Liverpool finis peringkat kedua dengan 9 poin. Sama dengan Napoli, namun mereka unggul dalam produktivitas gol. Paris Saint-Germain lolos sebagai juara grup usai menang 4-1 atas FK Crvena Zvezda.

Jalannya pertandingan
Liverpool VS NapoliLiverpool benar-benar menguasai pertandingan sejak kickoff. Energi besar di Anfield terlihat mengangkat semangat skuad Juergen Klopp. Serangan demi serangan terus dilancarkan The Reds. Mohamed Salah dan Sadio Mane beberapa kali memanfaatkan kecepatannya dan menyisir sisi sayap dalam upaya menciptakan peluang.

David Ospina tampil sigap di babak pertama. Dia beberapa kali melakukan penyelamatan dari peluang yang dibuat Salah hingga James Milner. Memasuki menit ke-22, Liverpool membuat kombinasi umpan memikat, yang diakhiri umpan silang pendek akurat Trent Alexander-Arnold kepada Sadio Mane yang mampu membuat gol. Tapi, wasit menganulirnya karena bintang Senegal itu berada dalam posisi offside.

Sampai akhirnya perjuangan Liverpool berbuah hasil pada menit ke-34. Salah menjadi pahlawan kemenangan The Reds melalui aksi individu briliannya. Berhasil melewati Kalidou Koulibaly dari sayap kanan, dia langsung membuat tembakan melalui sudut sempit yang melewati celah kaki Ospina. Babak pertama berakhir, Liverpool unggul 1-0.

Babak kedua dimulai, permainan semakin panas. Napoli mulai memberikan perlawanan dan serangan-serangan balik Partenopei semakin merepotkan tim tuan rumah. Jose Callejon dan Lorenzo Insigne beberapa kali membuat Virgil van Dijk dkk ketar-ketir.

Walaupun begitu, Liverpool tetap membuat peluang. Pada menit ke-75, The Reds punya peluang emas melalui kaki Salah. Striker tim nasional Mesir ini sudah berhadapan satu lawan satu dengan kiper, tapi Ospina mash mampu menyelamatkan gawang.

Peluang emas kembali diperoleh Liverpool pada menit ke-87. Sadio Mane yang berdiri bebas mendapat umpan manis dari Salah, namun tembakannya malah menyamping dari gawang Napoli. Pertandingan berakhir dengan skor 1-0.

Susunan pemain
Liverpool: Alisson; Robertson, Van Dijk, Matip, Alexander-Arnold (Lovren 89′); Milner (Fabinho 84′), Henderson, Wijnaldum; Mane, Firmino (Keita 79′), Salah
Napoli: Ospina; Rui (Ghoulam 70′), Koulibaly, Albiol, Maksimovic; Fabian (Zielinski 62′), Hamsik, Allan; Insigne, Mertens (Milik 67′), Callejon