Josep Guardiola menunjukkan sikap yang berbeda dari biasanya, dimana dia mendukung penuh pemikiran Jurgen Klopp yang ingin merubah sistem sepak bola Inggris di masa depan. Semua ini berawal ketika keluhan Klopp soal jumlah pertandingan yang harus dimainkan oleh pesepak bola khususnya Eropa.

Menurut Guardiola para pemain bisa menjadi sangat stress ketika disuruh bermain di sepanjang tahun. Diketahui bahwa Klopp baru saja mengeluarkan keluhan jadwal sepak bola yang diklaim semakin padat. Disini pelatih Liverpool tersebut merasa sangat bersedih dan kasihan dengan pemain-pemain yang tidak sempat beristirahat sebelum musim baru digelar.

“Jangka panjang kita harus merubah jadwal padat ini. Harus ada waktu istirahat. Ayo, biarkan mereka beristirahat. Beranilah. Jangan perlakukan setiap laga seperti itu adalah yang terakhir dalam satu dekade,” cetus Klopp.

Klopp memunculkan komentar tersebut berdasarkan hal yang dialaminya sendiri, dimana beberapa pemain Liverpool harus absen pada pramusim 2019. Mohamed Salah dan Sadio Mane masih belibur karena baru melewati AFCON, dan Roberto Firmino pun baru menyelesaikan Copa America.

Siapa sangka jika keluhan Klopp mendapat respon dari sang rival di Premier League Inggris, Guardiola. Menurut Guardiola, Klopp sudah berulang kali mengeluhkan masalah ini dan sekarang Guardiola menegaskan bahwa sangat penting bagi pemain untuk mendapatkan istirahat yang cukup.

“Jadwal ini sangat gila dan ini bakal membunuh pemain-pemain kami! Mereka harus beristirahat. Saya tidak ingin mereka kembali dalam kondisi lelah, atau mental mereka belum pulih setelah musim yang sangat sulit.” buka Guardiola.

Klopp memang tengah kehilangan Salah, Mane, dan Firmino, Guardiola tidak berbeda jauh dengan kepastian kehilangan Riyad Mahrez. Mahrez baru saja menjuarai AFCON bersama Algeria, dan sampai saat ini belum bisa bergabung lantaran pengajuan tambahan libur dipersetujui oleh pihak Manchester City, dan khususnya oleh sang pelatih.

“Kami memulai musim baru ketika Riyad Mahrez bahkan belum menyelesaikan musim lalu!” sindir Guardiola.

Guardiola memang wajar menunjukkan ekspresi kekesalannya, karena dia juga kehilangan banyak pemain dan bukan hanya Mahrez seorang. Disebutkan bahwa Sergio Aguero, Nicolas Otamendi, Gabriel Jesus, Ederson, dan Fernandinho juga melaju cukup jauh di Copa America 2019 yang sudah pasti membutuhkan waktu libur yang cukup panjang.