Di masa penghujung karirnya bersama Manchester City, David Silva pun mengeluarkan sedikit kejutan dan pantas dipertimbangkan. Berdasarkan ucapannya sendiri, dia berani menunjuk calon pewarisnya di dalam permainan The Citizen musim depan.

David Silva berani mengatakan jika sosok Phil Foden adalah pewarisnya yang pasti jika memang mendapatkan kesempatan. Mungkin banyak orang menyetujui bahwa David Silva adalah sosok krusial dalam perjalanan dua musim spesial Manchester City di pentas Premier League Inggris.

Sejak kedatangannya ke Etihad Stadium, permainan Manchester City lebih segar dan kreatif. Terbukti kedatangannya mampu memberikan beberapa gelar domestik untuk klubnya. Terakhir kali adalah membantu timnya menjuarai Premier League Inggris dua kali beruntun.

Menariknya disini ketika namanya dibesar-besarkan akan pensiun di Manchester City, nyatanya David Silva menyatakan siap berpisah dengan para fansnya di Manchester sebagaimana jalurnya pas dengan kontraknya akan berakhir di musim 2020 mendatang.

Ditengah kecemasan para fans yang menganggap akan kehilangan nyawa permainan karena David Silva akan pergi. Sang pemain sendiri lah yang mencoba mencairkan suasana dengan mempercayai sosok Phil Foden mampu menggantikan perannya di skuat The Citizens.

“Saya yakin dia [Foden] akan menjadi pemain yang fantastis. Dia adalah seorang pria yang sangat baik dan dia akan menjadi pengganti yang sangat baik untuk diri saya dalam tim ini.” cetus David Silva.

“Selain karena kemampuan alamiahnya, dia juga seorang pemain yang sangat kompetitif. Rasa besarnya yang ingin selalu ingin menang, hal itulah yang membuatnya menuntun kepada calon pemain terbaik,”

“Ketika berusia muda, anda pasti selalu meminta saran kepada pemain berpengalaman. Saya sudah memberinya banyak saran, seperti bagaimana bergerak di atas lapangan. Dia sudah memiliki informasi tersebut dan dia sudah semakin membaik dari hari ke hari.”

David Silva juga mendoakan Foden agar bisa sukses bersama Manchester City. Sampai-sampai David Silva menyebut jika sang pemain itu sangat mirip dengannya ketika masih muda.

“Foben mengingatkan saya ketika masih muda, terutama bagaimana dirinya sebagai seorang pemain. Dia adalah sosok yang pendiam, namun dia suka berkompetisi. Dia benci kekalahan. Nasehat terbaik yang bisa saya berikan kepadanya adalah agar dia selalu tenang. Apapun yang akan terjadi padanya, baik pada saat senang ataupun susah, dia harus terus tenang.” tutup David Silva.