Manajer Real Madrid, Julen Lopetegui boleh jadi menjalani laga hidup mati dalam pertandingan bigtmatch bertajuk El Clasico, Minggu (28 Oktober 2018) malam WIB nanti. Dia akan bekerja sama bersama Real Madrid melawan Barcelona di Camp Nou, Lopetegui wajib menang jika ingin mempertahankan posisinya.

Betapa tidak, saat ini dia dalam posisi sulit setelah usai rentetan hasil buruk yang dialami oleh Real Madrid dalam beberapa pertandingan terakhir. Bahkan Madrid baru saja mengakhiri periode buruk lima pertandingan tanpa kemenangan di seluruh kompetisi.

Lopetegui saat ini tengah berada dalam tekanan. Posisinya sebagai pelatih kepala Madrid mulai terancam. Dan kelanjutan karier Lopetegui bersama tim rakasasa ibukota ini mungkin akan ditentukan pada hasil El Clasico nanti. Lopetegui mengakui El Clasico sangatlah penting.

Pertandingan Paling Penting
El ClasicoMantan pelatih tim nasional Spanyol itu menyebut bahwa duel El Clasico sangatlah penting dan tidak bisa dibandingkan dengan pertandingan lainnya. Dia bahkan menyebut pertandingan ini sebagai puncak dalam karier kepelatihannya.

“Tidak ada yang lebih penting daripada pertandingan antara Barcelona-Real Madrid. Pada level sepak bola, tentu saja ini adalah puncak pengalaman kepelatihan saya dan tuntutan tertinggi yang pernah saya hadapi,” tutur Lopetegui dalam situs resmi Real Madrid.

“Saya hanya ingin fokus kepada hal-hal yang berkaitan dengan tugas sebagai seorang pelatih. Saya tidak memusingkan apa yang dikatakan oleh orang-orang di luar sana karena itu tidak akan membantu saya memenangkan pertandingan.”

Strategi
Dalam kesempatan yang sama, Lopetegui mengatakan bahwa timnya sudah siap bermain dengan strategi apa pun untuk menghadapi Barcelona. Dia memang tidak akan membongkar strategi Madrid, namun yang jelas Madrid sudah sangat siap menghadapi Barca.

“Real Mardrid sedang berada dalam posisi yang sangat siap dalam bentuk terbaik untuk menampilkan strategi apa pun yang kami pilih. Mereka tak pernah menyerah dalam memberikan tekanan tinggi pada tim yang memaksa kami melakukannya.”

“Kami tidak akan membongkar bagaimana kami akan bermain, namun kami akan bermain sebagaimana orang tahu tentang Real Madrid. Pertandingan ini akan dimainkan selama 90 menit. Kami sudah berkembang dalam hal efektivitas kami di kedua kotak penalti, itu akan jadi hal krusial di pertandingan level tinggi seperti ini,” tandas Lopetegui.