Asisten manajer Chelsea, Gianfranco Zola menyebut bahwa Eden Hazard bukan tipe pemain yang bisa bekerja keras di lapangan. Zola mengungkapkan bahwa Hazard bisa memainkan sepak bola indah secara alami karena Hazard dilahirkan untuk sepak bola.

Musim 2018/2019 ini memang berjalan kurang mulus untuk Hazard. Dia sempat mengawali musim dengan sangat baik dan langsung mencetak gol untuk Chelsea, namun dalam beberapa waktu terakhir, Hazard cukup kesulitan ketika diminta bermain sebagai false nine.

Performa Hazard memang terlihat sama baiknya. Dia bisa memberikan permainan yang hebat baik ketika dipasang di sisi sayap maupun sebagai false nine. Namun, Zola menyadari bahwa formasi yang berubah-ubah itu membuat Hazard kelelahan.

Zola juga menegaskan seluruh staf kepelatihan The Blues sudah paham betul dengan apa saja yang dibutuhkan Hazard di atas lapangan.

Sangat Mirip
Sebagai mantan pemain, Zola sudah pernah merasakan situasi seperti Hazard. Dia sendiri mengaku pernah mengalami situasi yang dialami oleh Hazard saat ini. Namun, dia juga menyadari bahwa Hazard adalah seorang individu yang hebat.

“Di waktu muda saya sedikit mirip dengannya. Saya adalah pemain yang sangat positif, saya senang mengitari lapangan, menemukan ruang di lapangan di mana saya bisa mendapatkan bola, berputar, kemudian membuat lawan kesulitan,” ungkap Zola di fourfourtwo.

“Saya sangat, sangat mirip, dan saya paham bagaimana frustasinya. Saya percaya kami berusaha membebaskan dia melakukan itu tetapi juga jadi tim yang terorganisasi dengan baik secara defensif dan secara ofensif.”

Bukan Pekerja Keras
Oleh sebab itu, staf pelatih Chelsea selalu meminta Hazard untuk bekerja keras bukan hanya dalam penyerangan, tapi juga dalam pertahanan. Zola menyadari Hazard memang bukanlah pekerja keras, tapi Hazard dan pelatih sudah sama-sama memahami itu.

“Karena itu, dalam beberapa waktu kami meminta Eden untuk bekerja keras. Saya tahu itu bukanlah bentuk permainan terbaiknya. Kami memahami bahwa terkadang dia harus berada dalam kondisi segar ketika dia mendapatkan bola.”