Pemain basket di klub NBA Washington Wizards, Tomas Satoransky memberikan pujian setinggi langit kepada Petr Cech dengan menyebut Cech sebagai salah satu kiper paling hebat dalam sejarah sepakbola.

Cech sudah bergelut dalam dunia sepakbola profesional selama 20 tahun terakhir sejak tahun 1999 silam. Namun setelah kompetisi musim 2018/2019 ini berakhir, dia memutuskan akan segera gantung sepatu.

Kiper berusia 36 tahun ini sendiri telah meraih berbagai gelar juara setelah berkarir selama 20 tahun. Kebanyakan gelar juara tersebut diraihnya ketika dia memperkuat klub raksasa London Barat, Chelsea.

Sedih Dengan Cech Pensiun
Keputusan untuk pensiun ini cukup mengejutkan sejumlah pihak. Pasalnya dia dirasa masih bisa bermain beberapa tahun lagi untuk Arsenal. Salah satu yang merasa terkejut sekaligus sedih dengan keputusan pensiun itu adalah Satoransky.

“Sungguh menyedihkan bagi sepakbola bahwa Petr Cech memutuskan untuk pensiun. Menyedihkan bagi sepakbola di negara kita [Republik Ceko] dan secara umum. Petr memiliki pengaruh yang sangat besar pada semua kiper di seluruh dunia” jelas Tomas Satoransky kepada Goal International.

“Petr Cech adalah salah satu yang terbaik sepanjang sejarah, itu pasti, ketika dia berada di Chelsea,” sambung Tomas Satoransky.

Salah Satu Yang Terhebat Dalam Sejarah
Satoransky mengaku ia memberikan pujian tersebut secara objektif. Sebab menurutnya Cech memang kiper yang sangat fantastis. Cech bahkan disebutnya pantas masuk jajaran kiper legendaris di sepanjang sejarah olahraga tersebut.

“Saya mengatakan ini bukan karena saya dan dia berasal dari negara yang sama tetapi hanya dengan cara dirinya bermain di Chelsea dan cara dirinya mendominasi permainan selama bertahun-tahun,” tegas Tomas Satoransky.

“Petr Cech telah bermain sepakbola di level tinggi selama bertahun-tahun. Saya pikir dia merupakan salah satu penjaga gawang terbesar dalam sejarah sepakbola,” demikian kata Tomas Satoransky mengakhiri pembicaraan.