17 tim telah pastikan diri masuk ke ajang Piala Dunia 2018. Beberapa tim yang sudah lolos merupakan langganan putaran final. Tetapi, ada juga sejumlah tim yang lolos menjadi sebuah kejutan atau yang disebut sebagai Tim Kuda Hitam.

Sampai sekarang ini, telah terbagi grup-grup di Piala Dunia 2018.. Negara-negara yang sudah menjadi langganan adalah Brasil, Jerman, Inggris, Spanyol, dan Jepang telah berada di grup mereka masing-masing bersama yang lain.

Tetapi, ada sejumlah tim top pula yang masih harus berusaha keras untuk bisa masuk ke ke putaran final. Sebut saja Argentina yang diperkuat Lionel Messi, Portugal bersama Cristiano Ronaldo, dan Belanda yang diperkuat Arjen Robben.

Melihat keadaan tersebut, tingkat kesulitan untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 memang bertambah. Anehnya, ada beberapa tim yang diprediksi akan alami kerepotan malah bisa lolos dengan langkah yang terbilang oke.

Sebuah hal yang bersejarah telah dicatatkan oleh Mohamed Salah bersama dengan tim nasional Mesir dalam kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Afrika. Untuk pertama kali, Mesir tembus putaran final Piala Dunia sedari edisi 1990.

Momen yang istimewa Salah tersebut tercatat ketika tim nasional Mesir menjamu Kongo pada matchday kelima Grup E kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Afrika pada hari Senin (9/10/2017) dini hari WIB. Kemenangan 2-1 Mesir atas Kongo diraih lewat 2 cetak angka Salah pada menit 63 dan penalti ke 90+5.

Lewat hasil oke tersebut, perolehan 12 poin Mesir di klasemen Grup E kualifikasi Piala Dunia 2018 sudah tidak terkejar. Uganda yang berada di posisi 2 cuma catatkan 8 poin lewat 5 pertandingan. Grup E sendiri tinggal tersisa 1 laga saja.

Tentu tak sedikit kubu yang bakal remehkan peluang Mesir di putaran final nanti. Tetapi, sekarang ini mereka punya materi yang dapat membuat kejutan. Tidak hanya Salah, mereka pun memiliki Mohamed Elneny, Sam Morsy, Koka, Ahmed Hegazi, Omar Gaber, dan Ramadhan Sobhi. Mereka semua merupakan pemain Mesir yang berkarier di ajang Eropa.